.post-body { line-height:1.6em; letter-spacing: 0.1px; }

Saturday, January 16, 2016

Kata Siapa Anak Muda Ingusan Belum Bisa Punya Bisnis Berskala Internasional?






Ada yang kenal dengan brand Fourspeed Metalwerks? Mungkin banyak dari Anda tidak tahu apa itu Fourspeed Metalwerks. Tapi Anda tahu kan band metal rock internasional Metallica dan Sepultura? Tahu dong pasti, karena mereka sangat terkenal. Tapi apakah hubungan fourspeed dengan band Metallica dan Sepultura? Apa sih fourspeed itu?

Fourspeed adalah sebuah brand asal Bandung yang memiliki produk-produk aksesoris cincin, kepala ikat pinggang, dan sebagainya yang berbahan besi yang diukir dengan tangan serta dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas. And you know what, guys? Produk-produk dari Fourspeed ini sangat disukai para punggawa band Metallica dan Sepultura tadi. Yeah, another great achievement from our youngster.

Adalah Hedi Rusdian pemilik dan pendiri dari brand Fourspeed ini dengan usianya yang baru 22 tahun Fourspeed mampu menembus pasar internasional karena kegigihan dan kecintaannya terhadap produk dan profesinya ini. Tapi, bagaimana perjalanan kisahnya lah yang paling menarik dan akan kita bahas pada artikel kali ini. Bermula dari hobinya mengumpulkan aksesoris logam, Hedi mempunyai  ide untuk membuat aksesoris logam sendiri yang diukir detil dengan tangan sendiri, Hedi bermimpi produknya akan langsung berhasil diterima pasar karena keyakinannya terhadap produknya yang limited edition, eksklusif, dan bernilai seni tinggi. 

Segala daya upaya pun Hedi lakukan untuk mewujudkan mimpinya tersebut mulai dari mencari informasi detil mengenai bagaimana memproduksi aksesoris logam hingga mengumpulkan modal awalnya. Dengan mengusung slogan “Pride, Power, Attitude”, Hedi bersama teman-teman menanamkan kreativitas dan kerja keras untuk mewujudkan mimpinya itu. 

Setelah produk jadi dan mulai dipasarkan, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Produk Fourspeed Metalwerks kurang laku dan tidak dihargai tinggi di pasar lokal, padahal penyelesaian satu produk saja bisa memakan waktu hingga satu atau dua bulan tapi produknya hanya dihargai Rp 30 ribu. Sempat pesimis dan hampir putus asa dengan usahanya ini. Namun kemudian dia berpikir “mungkin produk ini bisa diakui di luar negeri” dan kemudian Hedi mencoba memasarkan produknya lewat internet. 

Semua usaha dan doa Hedi pun terjawab karena ternyata banyak tanggapan positif dan pesanan dari konsumen luar negeri. Konsumen Fourspeed awalnya datang dari kalangan penggemar musik genre metal rock yang merasa puas dengan produk dari Fourspeed ini, hingga berita tentang Fourspeed ini menyebar luas dan personil band-band terkenal juga menjadi konsumen Fourspeed. Termasuk, para personil Metallica dan Sepultura adalah konsumen Fourspeed yang puas.

Setelah sukses menancapkan namanya di pasar internasional Fourspeed kembali memasarkan produknya di Indonesia. Kali ini strategi Fourspeed tidak main-main , Fourspeed berkolaborasi dengan sejumlah artis papan atas dunia mulai dari artis papan atas lokal yaitu Netral, Melanie Subono, Slank, Naif, dan Superman is Dead hingga artis mancanegara sekelas Metallica, Sepultura, House of Pain, Pantera, Slayer, Madball, dan Motorhead. Hasil kali ini pun berbeda, Fourspeed sukses menjual 200-500 produknya setiap bulan.
Kesediaan band-band metal tersebut untuk berkolaborasi itu pun karena mereka mengakui kualitas dari Fourspeed Metalwerks. Bahkan personil Sepultura dengan terang-terangan berkata “Fourspeed Metalwerks is the finest piece of work from Indonesia”. 

Melalui Fourspeed Metalwerks, Hedi juga ingin menunjukkan rasa nasionalisnya dan ingin membuat Indonesia dikenal dunia. Hal ini dilakukan dengan sebuah tulisan di setiap produknya, “Made with pride in Bandung, Indonesia” Hedi berkata “kita ingin konsumen luar negeri mengakui kualitas barang buatan Indonesia. Ini merupakan bagian dari promosi kebudayaan maupun identitas Kota Bandung sebagai kota yang kreatif”.

Saat ini produk dari Fourspeed Metalwerks dihargai bisa mencapai Rp 2 juta satu buahnya, dari awalnya hanya dihargai Rp 30 ribu. Mungkin inilah contoh nyata dari kalimat “work hard until you are known for your work and you no longer have to introduce yourself”. Yap, Hedi berhasil dikenal sebagai seniman aksesoris Fourspeed-nya yang diakui di seluruh dunia dan dia berasal dari negeri kita, tanah air tercinta Indonesia.

No comments:

Post a Comment