Yap, satu
lagi anak bangsa berbakat yang sukses merintis bisnisnya hingga terkenal di
seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Nama beliau adalah Johnny Andrean. Ketika
mendengar atau membaca pikiran kalian pasti menuju ke salon terkenal Johnny
Andrean itu, tepat sekali Johnny Andrean adalah owner dari salon terkenal
tersebut. Tapi, apakah Anda berpikir bahwa Johnny Andrean memiliki beberapa
bisnis lain yang sama sukses besarnya dengan salon terkenal miliknya itu? Tentu
tidak, karena selain sebagai owner dari Johnny Andrean Salon, beliau ternyata
juga adalah pemilik dari J.Co dan BreadTalk. Ada yang belum tahu apa itu J.Co
dan BreadTalk? Pasti tahu semua kan notabene J.Co dan BreadTalk sudah sangat
terkenal dan sukses diterima di pasar.
Hobi
Traveling yang disukai Johnny Andrean membuatnya mampu melihat banyak hal,
memberikan inspirasi, dan ide-ide kreatif untuk Johnny dalam mengembangkan dan
membangun bisnisnya. Hal yang akan kita bahas secara mendalam dalam topik kali
ini adalah “what did he do?” Apa saja
yang seorang Johnny Andrean sehingga bisnis-bisnis dan namanya mampu melambung
tinggi dalam dunia bisnis?
Johnny Andrean memulai
terjun di dunia bisnis dengan membuka salon miliknya sendiri. Berbekal ilmu
salon dari ibunda, Johnny Andrean membuka salon pertamanya di Kelapa Gading,
Jakarta Utara pada tahun 80-an. Perjalanan bisnis Salon Johnny Andrean ini pun
dilalui dengan jalan yang tidak mulus dan naik turun. Hambatan-hambatan datang
tak henti pada bisnis Salon Johnny Andrean, mulai dari sulitnya Johnny Andrean dalam
mempertahankan para hairstylist-nya
agar tetap bekerja di tempatnya karena banyaknya hairstylist-nya yang keluar semau mereka. Tetapi dengan kesabaran
dan kegigihannya Johnny Andrean mampu melaluinya sehingga bisnis salonnya mulai
menanjak memiliki puluhan gerai Salon Johnny Andrean yang tersebar di beberapa
kota di Indonesia. Titik terendah Salon Johnny Andrean terjadi pada tahun 1998
ketika 19 gerai Salon Johnny Andrean miliknya dijarah oleh orang-orang tak
bertanggung jawab pada tragedi Mei 1998. Kerugian sangat besar akibat tragedi
tersebut menghantui Johnny selama beberapa waktu.
Namun jika seorang
Johnny
Andrean menyerah pada saat itu namanya tidak akan menjadi harum seperti
sekarang.
Dengan sisa semangat dalam keterpurukannya, Johnny beserta
karyawan-karyawan
setianya dengan tekun dan sabar membangun kembali Salon Johnny Andrean.
Walau harus berpindah-pindah di antara satu salon ke salon lain yang
masih beroperasi, Johnny dan karyawan-karyawa setianya tak pernah menyerah untuk bekerja keras meraih mimpinya. Hasilnya pun menunjukkan
bisnis Salon Johnnya Andrean ini perlahan-lahan mulai tumbuh dan berkembang lagi.
Tak
hanya bermimpi sampai disitu, setelah bisnisnya mulai maju dan diterima
masyarakat luas, Johnny mendirikan sekolah khusus hairstylist yaitu "Johnny Andrean School and Training". Tujuan Johnny
dalam mendirikan sekolah ini adalah untuk
mendidik dan menghasilkan hairstylist yang kompeten dan professional untuk menjadi hairstylist di Salon Johnny Andrean
yang sudah tersebar dimana-mana di seluruh Indonesia.
Seperti
yang telah disebutkan sebelumnya, selain memiliki bisnis salonnya, Johnny
Andrean juga adalah owner dari brand donat terkenal Indonesia yaitu J.Co dan
owner dari brand BreadTalk. Kisahnya ini dimulai dari setelah suksesnya dalam
membangun Salon Johnny Andrean dan sekolah hairstylistnya, Johnny Andrean
memutuskan untuk menjadi master franchise dari brand roti terkenal asal
Singapura yaitu BreadTalk. Walaupun brand BreadTalk ini adalah franchise, namun
Johnny Andrean tidak semata-mata hanya membawa dan membuka BreadTalk di
Indonesia. Sebelum membuka BreadTalk di Indonesia, Johnny Andrean turun tangan
langsung untuk belajar seluk beluk mengolah roti dan mempelajari bisnis model
BreadTalk ini.
Akhirnya,
pada
Maret 2003 gerai pertama BreadTalk resmi dibuka di Indonesia dengan
konsep
baru yang telah dimodifikasi dan dikreasikan sendiri oleh Johnny
Andrean. Gerai BreadTalk ia desain dengan terbuka dan transparan,
sehingga konsumen bisa melihat
dan memperhatikan langsung proses produksi
roti-roti BreadTalk ini. Konsep ini sangat
membuat pengunjung tertarik, penasaran,
dan akhirnya membeli roti dari BreadTalk.
Konsep
BreadTalk yang diterapkannya itu pun sukses membawa BreadTalk menjadi salah
satu brand roti yang terlaris di Indonesia sampai sekarang, dengan gerainya
yang hampir ada di seluruh mall di Indonesia.
Dengan
insting bisnisnya yang menawan pula, Johnny kemudian mengekspansi lagi
bisnisnya tahun 2005 dengan membuka gerai donat J.Co. Sebelum membuka bisnis barunya ini pun Johnny
kembali mencari ilmu dan wawasan terlebih dahulu melalui kegiatan survey dan
riset ke berbagai negara seperti Australia, Amerika, Jepang, dan negara-negara
lainnya hingga ia pun menemukan ide mendirikan gerai donat dengan konsepnya
sendiri.
Hasilnya? Dapat dilihat dari terpampangnya brand
dan gerai J.Co dimana-mana saat ini. J.Co disambut luar biasa oleh pasar
Indonesia, dalam waktu singkat kini telah ada lebih dari 100 gerai J.Co yang tersebar
di seluruh Indonesia bahkan telah merambah juga ke beberapa negara tetangga
seperti Malaysia dan Singapura.
Hingga yang terbaru, Johnny Andrean
lagi-lagi menunjukkan keahliannya dalam berbisnis dan melihat peluang, dengan
berani Johnny Andrean membangun Roppan yang juga dengan cepat mampu menarik
perhatian konsumen.
Banyak hal yang layak dikenang dari
sosok Johnny Andrean dalam menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur.
1. Johnny Andrean adalah
tipe orang pekerja keras yang intens dan tidak mengenal lelah. Kegagalan tidak
pernah mengganggu tekad dan kerja kerasnya, kesalahan juga selalu dijadikan
media pembelajaran olehnya.
2.
Johnny Andrean sangat menjunjung
tinggi inovasi dan kreativitas. Tanpa inovasi dan kreativitas sebuah bisnis
tidak akan banyak berkembang dan tidak memiliki pembeda dengan pesaingnya.
3.
Belajar
tanpa henti adalah motto Johnny Andrean karena ia sangat percaya bisnisnya
selalu bisa berkembang melalui ilmu dan pengetahuan. Ia tak segan melakukan perjalanan ke Amerika untuk mempelajari
konsep marketing, Eropa untuk memelajari urusan penyajiannya, serta Jepang
untuk display gerainya. Bisnis-bisnisnya adalah hasil dari kolaborasi
perjalanannya.
4. Selalu berpikir ke depan. Menjadi seseorang yang visioner
atau selalu berpikir ke depan merupakan hal yang sangat penting dalam menjadi
seorang pengusaha. Tanpa itu indra untuk menangkap peluang tidak akan menjadi
maksimal.
Demikianlah hal-hal yang dapat kita
bahas dan pelajari dari sosok fenomenal Johnnya Andrean. Stay hungry, stay foolish.
No comments:
Post a Comment